Senin, 07 April 2014

TP 2 KAL2 : Memfaktorkan dan Grafik 2D serta syntax dalam MATLAB



Tugas Pendahuluan 2.
PRAKTIKUM
KALKULUS II


OLEH
LUH PUTU SUCI VANDASARI
F1A113054
KELAS A

JURUSAN MATEMATIKA
PROGRAM STUDI MATEMATIKA
FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
UNIVERSITAS HALU OLEO
2014

 


SOAL.

1.      Cari cara memfaktorkan persamaan pangkat 3 dengan menggunakan aplikasi MATLAB (diketik) dan secara manual.
2.      Mencari cara memplot 2 dimensi (2D).
3.      Mencari serta mengetahui fungsi/kegunaan syntax-syntax dalam MATLAB.

PENYELESAIAN.

1.  Salah satu cara yang digunakan untuk mencari faktor persamaan berderajat 3 atau suku banyak berderajat 3 adalah dengan cara Horner.
Contoh :
      Salah satu faktor suku banyak 


Dengan skema Horner diperoleh :


Maka diperoleh persamaan kuadrat yaitu : 
       Jadi, faktor dari suku banyak adalah 
         Dalam MATLAB, mencari faktor dari digunakan fungsi factor yaitu sebagai berikut.


>>syms x
>>S=((2*x^3)+(5*x^2)+(-4*x)+(-3))
>>factor(S)
ans (x-1)(2*x+1)(x+3)
Berikut tampilannya pada MATLAB.

 

2.      Untuk membuat grafik 2 dimensi dengan skala liner pada sumbunya digunakan fungsi Plot.
Cara memplot 2 dimensi yaitu sebagai berikut.
            Ø  Nyalakan computer.
            Ø  Buka program Matlab yang ada di komputer.
            Ø  Klik start lalu pilih all programs dan klik Matlab.
            Ø  Kemudian tentukan interval (domain) sebagai daerah asal.
            Ø  Tentukan fungsi atau persamaan yang akan diplot, kemudian enter. untuk perkalian antar verktor maka gunakan tanda titik(.) dan lain sebagainya.
            Ø  Kemudian tuliskan plot(x,y) maka akan dihasilkan gambar dari persamaan fungsi tersebut. jika ingin mengganti jenis  plot maka dapat diedit contoh : plot(x,y,'+-').
Contoh :
>> x=-10:10;
>> y=x.^2;
>> plot(x,y

Hasilnya akan tampak sebagai berikut:


3.      Syntax-syntax pada MATLAB beserta fungsi/kegunaannya.

No.
Syntax
Kegunaan
1
Abs(x)
Harga mutlak atau besarnya bilangan kompleks
2
acos(x)
Invers cosinus
3
acosh(x)
Invers cosinus hiperbolik
4
acot(x)
Invers kotangen
5
acoth(x)
Invers kotangen hiperbolik
6
acsc(x)
Invers kosekan
7
acsch(x)
Invers kosekan hiperbolik
8
angle(x)
Sudut suatu bilangan kompleks pada empat kuadran
9
asin(x)
Invers sinus
10
asinh(x)
Invers sinus hiperbolik
11
atan(x)
Invers tangen
12
atan2(x)
Invers tangen untuk empat kuadran
13
atanh(x)
Invers tangen hiperbolik
14
ceil(x)
Pembulatan ke arah plus tak hingga
15
char(x)
Mengubah bilangan bulat x menjadi string
16
conj(x)
Konjugat bilngan kompleks
17
cos(x)
Cosinus
18
cosh(x)
Cosinus hiperbolik
19
cot(x|)
Kotangen
20
coth(x)
Kotangen hiperbolik
21
csc(x)
Kosekan
22
csch(x)
Kosekan hiperbolik
23
det(A)
Menentukan determinan dari matrik A
24
diag(A)
Menentukan elemen-elemen diagonal dari matrik A
25
diag(x)
Buat matrik diagonal dengan x sebagai diagonal utama
26
diff(x)
Selisih dari x, xi+1-xi
27
double(s)
Mengubah string s menjadi array bilangan bulat
28
eig(A)
Menentukan nilai eigen dari matrik A
29
exp(x)
Eksponensial, ex
30
eye(N)
Membuat matrik identitas dengan ukuran NxN
31
find(x)
Mencari index dimana elemen dari vektor x bernilai true
32
findstr(s1,s2)
Menentukan string yang lebih pendek diantara s1 dan s2
33
fix(x)
Pembulatan ke arah nol
34
floor(x)
Pembulatan ke arah minus tak hingga
35
gcd(x,y)
Faktor persekutuan terbesar bilangan bulat x dan y
36
imag(x)
Bagian imajiner suatu bilangan kompleks
37
isempty(x)
Menghasilkan true jika matrik/vektor kosong
38
lcm(x,y)
Kelipatan persekutuan terkecil bilangan bulat x dan y
39
length(x)
Menentukan jumlah elemen dari vektor x
40
log(x)
Logaritma natural, (basis e)
41
log10(x)
Logaritma umum (basis 10)
42
log2(x)
Logaritma basis 2
43
lower(s)
Mengubah string s menjadi huruf kecil
44
max(x)
Menentukan nilai maksimum dari elemen-elemen vector x
45
mean(x)
Menentukan nilai mean dari elemen-elemen dalam vektor x
46
min(x)
Menentukan nilai minimum dari elemen-elemen vektor x
47
norm(A)
Norm matrix dari A
48
ones(n,m)
Membuat matrix nxm dimana semua elemennya bernilai 1
49
pow2(x)
Perpangkatan basis 2
50
prod(x)
Hasil kali dari elemen-elemen vektor x
51
rand(n,m)
Membuat matrik nxm dimana semua elemennya bilangan acak
52
real(x)
Bagian real suatu bilangan kompleks
53
rem(x,y)
Sisa pembagian : rem(x,y) menghasilkan sisa pembagian x/y
54
repmat(A,n,m)
Membuat matrik baru berukuran nxm dari matrik A
55
round(x)
Pembualatan ke arah bilangan bulat terdekat
56
sign(x)
Menghasilkan tanda dari argumen
57
sin(x)
Sinus
58
sinh(x)
Sinus hiperbolik
59
size(A)
Menentukan jumlah baris dan kolom dari matrik A
60
sort(x)
Mengurutkan elemen-elemen dari vektor x dari kecil ke besar
61
sprintf(...)
Sama dengan fprintf tapi hasilnya berupa string
62
sqrt(x)
Akar kuadrat
63
std(x)
Menentukan deviasi standar dari elemen-elemen vektor x
64
strcat(s1,s2)
Menggabungkan string s1 dan s2
65
strcmp(s1,s2)
Menghasilkan true jika string s1 dan s2 identik atau sama
66
strtrim(s)
Menghapus spasi pada string s
67
sum(x)
Menjumlahkan elemen-elemen dari vektor x
68
tan(x)
Tangen
69
tanh(x)
Tangen hiperbolik
70
trace(A)
Merunut matrik A
71
upper(s)
Mengubah string s menjadi huruf besas
72
zeros(n,m)
Membuat matrik berukuran nxm dimana semua elemenya bernilai 0








Tidak ada komentar:

Posting Komentar